Tips Menghilangkan Bekas Jerawat untuk Pengobatan Jerawat

  • 3 min read
  • Jul 10, 2020

Jerawat tidak hanya memalukan, tapi juga menyakitkan. Jerawat ditandai dengan jerawat merah yang muncul di wajah kebanyakan anak muda. Yang lebih memalukan adalah tanda-tanda jerawat dan bekas luka, yang tertinggal setelah jerawat sembuh. Yang pertama mengingatkan Anda tentang rasa sakit yang Anda alami saat berjuang melawan jerawat. Namun, penting untuk diingat fakta bahwa sebagian besar tanda di wajah Anda akan memudar dalam beberapa bulan. Tanda-tanda jerawat dan bekas jerawat tidak harus membuat Anda merasa tidak berdaya karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut. Pertama, sangat penting untuk mengetahui jenis kulit Anda.

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat untuk Pengobatan Jerawat

Perawatan rumahan biasanya menggunakan bahan alami; Berikut 3 perawatan alami dan rumahan untuk mengurangi bekas jerawat:

Jus lemon

Jus lemon telah terbukti memiliki khasiat pemutih, sehingga menjadikannya obat efektif yang dapat membantu Anda menghilangkan bekas jerawat. Ambil jus lemon dan campur dengan volume air yang sama dan oleskan langsung pada bekas luka. Jangan pernah mengoleskan campuran ke seluruh kulit. Biarkan jus lemon di bekas luka selama sekitar dua puluh menit sebelum Anda membersihkannya. Jangan pernah lupa untuk melembabkan kulit setelah mencuci jus lemon. Jus jeruk nipis juga bisa menggantikan jus lemon.

Aloe Vera

Getah lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi termasuk luka, luka bakar, dan jerawat merah dan banyak lagi. Aloe Vera adalah pelembab alami yang membantu meremajakan kulit. Menggunakan getah lidah buaya mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat. Oleskan saja getah ini langsung ke bekas luka.

Madu

Madu telah digunakan sejak lama untuk mengatasi jerawat merah dan jerawat. Madu adalah produk anti bakteri alami yang efektif. Selalu gunakan madu mentah karena efektif menghilangkan bekas jerawat.

Berikut 6 perawatan medis untuk membantu merawat bekas jerawat:

Mikrodermabrasi dan pengelupasan kimiawi

Pilihan ini kasar pada kulit Anda dan perlu beberapa saat untuk sembuh. Namun, metode ini lebih disukai terutama jika krim dan losion tidak berhasil. Dalam pengelupasan kimiawi, asam pekat yang dioleskan ke kulit Anda di mana harus memakan lapisan atas kulit untuk menghilangkan bekas jerawat. Ini memungkinkan terbentuknya lapisan kulit baru, yang tidak memiliki bekas luka. Dalam mikrodermabrasi, kulit Anda dikelupas menggunakan sikat kawat.

Krim kortison

Krim kortison telah digunakan sejak lama untuk mengobati peradangan dan juga mempercepat proses penyembuhan. Dokter harus berada dalam posisi yang memandu Anda untuk mendapatkan krim kortison terbaik untuk jenis kulit Anda. Krim ini tersedia baik sebagai bagian atas meja maupun dalam bentuk resep. Pastikan Anda mengoleskan jenis krim yang direkomendasikan hanya ke area yang terkena. Dalam banyak kasus, bekas jerawat akan meninggalkan bekas luka permanen pada kulit. Suntikan filler dapat digunakan untuk membuat kulit Anda tampak lebih terlihat sehingga meminimalkan efek bekas jerawat.

Perawatan laser

Jika Anda telah mencoba semua metode lain dan Anda menyadari bahwa Anda masih memiliki bekas luka, pikirkan untuk mendapatkan terapi laser. Terapi laser akan bekerja baik dengan merangsang produksi kolagen atau menguap sehingga sel-sel kulit baru memberikan kesempatan untuk tumbuh menggantikan bekas luka.

Krim pencerah kulit

Ada sejumlah krim bebas resep yang bisa Anda beli. Krim pemutih ini mengandung bahan-bahan seperti kojic acid, arbutin, ekstrak licorice, vitamin C dan ekstrak mulberry. Produk ini sangat membantu dalam memudarkan hiper pigmentasi kulit yang disebabkan oleh bekas jerawat. Kebanyakan krim pemutih kulit tidak menyebabkan segala bentuk kerusakan atau iritasi kulit. Ingatlah untuk selalu menghindari produk pemutih kulit yang mengandung hydroquinone sebagai salah satu bahannya. Bagi yang memiliki kulit gelap, penggunaan krim pencerah kulit mungkin bukan ide yang baik karena kulit Anda bisa kehilangan kemampuan memproduksi melanin sehingga meninggalkan noda di kulit Anda.

Produk kulit retinoid

Produk kulit ini memiliki turunan vitamin A yang membantu menghilangkan bekas jerawat. Produk kulit retinoid yang digunakan untuk mengobati berbagai komplikasi kulit termasuk perubahan warna kulit, jerawat, garis halus dan kerutan. Krim retinoid ini sangat populer dalam meningkatkan produksi kolagen yang pada akhirnya meningkatkan regenerasi sel dengan cepat sehingga dapat mengatasi bekas jerawat. Meskipun krim ini mungkin sedikit mahal, namun lebih disukai oleh dokter kulit karena harganya sangat cepat. Krim retinoid yang kuat hanya tersedia sebagai resep krim untuk menghilangkan bekas jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *