Tidak hanya Bau Mulut, Obat Kumur Bisa untuk ini

  • 3 min read
  • Sep 04, 2020
obat kumur
obat kumur
Gambar: kompas.com

Btzoa.com – Obat kumur sudah lama jadi rekan jagoan untuk menahan bau mulut yang mengganggu rasa percaya diri. Tapi rupanya disamping itu, obat kumur ikut berperanan mempertahankan kesehatan mulut.

Obat kumur biasanya ialah cairan antiseptik yang dipakai untuk bersihkan antara gigi, permukaan lidah serta gusi, dan mulut sisi belakang atau kerongkongan. Pemakaian beberapa obat kumur mempunyai tujuan untuk menyembuhkan berbau mulut. Beberapa obat kumur yang lain diperuntukkan untuk peranan seperti air liur, yakni jaga mulut masih lembap serta menetralisir zat asam.
Beberapa tipe obat kumur bisa dipakai dengan cara bebas, tapi ada pula yang direncanakan spesial untuk mengatasi masalah kesehatan spesifik. Tipe yang ke-2 umumnya diresepkan oleh dokter.

Beberapa macam Muatan Obat Kumur

Banyak terdapat pilihan obat kumur yang mengandung bahan simpatisan berlainan yang tentu saja memberi faedah tidak sama juga. Beberapa produk obat kumur bisa memiliki kandungan beberapa bahan berikut:

  • Antimikrobial: kurangi plak, gingivitis, dan infeksi gusi pada step awal, dan membunuh bakteri pemicu berbau mulut.
  • Zat penghilang berbau mulut: menonaktifkan senyawa pemicu berbau mulut.
  • Astringent salt: bahan penyamar berbau mulut.
  • Flouride: menolong menahan karang gigi serta gigi berlubang.
  • Peroksida: menolong menahan munculnya bintik pada permukaan gigi.
  • Antiseptik seperti klorheksidin glukonat atau hexetidine
  • Zat perisa seperti sorbitol, sukralosa, sodium saccharin.

Disamping itu, obat kumur yang dipakai lewat resep dokter bisa memiliki kandungan beberapa bahan antijamur untuk menahan perubahan jamur, antibiotik untuk menolong membunuh bakteri, anestesi lokal atau antihistamin, antasid, dan kortikosteroid untuk mengatasi inflamasi. Tipe obat kumur itu seringkali dipakai untuk obat kumur sakit gigi.

Terkecuali sudah diresepkan dokter, seharusnya jauhi pemakaian obat kumur pada anak di bawah umur 6 tahun, khususnya yang memiliki kandungan alkohol, sebab beresiko tertelan. Obat kumur yang memiliki kandungan alkohol beresiko mengakibatkan berbau mulut makin bertambah berat sebab bisa mengakibatkan mulut makin kering. Disamping itu, sampai sekarang ini ada pembicaraan beberapa pakar tentang pemakaian obat kumur yang memiliki kandungan alkohol pada periode panjang dengan hubungannya pada perubahan kanker mulut.

Lebih dari Menahan Berbau Mulut

Berbau mulut atau halitosis ialah keluh kesah yang biasa berlangsung. Kecuali bisa berasal dari bakteri, makanan yang masih ada pada antara gigi serta permukaan lidah dapat memunculkan keluh kesah ini. Berbau mulut cukup seringkali berlangsung waktu seorang berpuasa.

Satu pantauan pada beberapa riset mengutarakan jika obat kumur bisa mengatasi berbau mulut. Menurut pantauan itu, muatan zinc serta chlorine dioxide bisa menetralisir berbau yang ada, sedang muatan antibakteri chlorhexidine atau cetylpyridinium diprediksikan bisa menolong kurangi jumlah bakteri pemicu berbau mulut.

  1. Kecuali faedah penting di atas, rupanya terdapat beberapa faedah lainnya produk obat kumur, yakni:
  2. Obat kumur bisa menolong menahan penumpukan plak pada gigi.
  3. Obat kumur yang memiliki kandungan fluoride berperanan menolong kurangi efek gigi berlubang karena bakteri serta zat asam, dan jadikan gigi bertambah kuat.
  4. Obat kumur spesifik dapat dipakai pascaoperasi atau sesudah pencabutan gigi.
  5. Beberapa macam obat kumur yang diresepkan bisa dipakai untuk mengatasi penyakit mulut yang bisa disebabkan therapy radiasi atau kemoterapi.

Meskipun begitu, obat kumur, khususnya yang dipasarkan bebas, biasanya bukan obat untuk mengatasi masalah gigi serta gusi, khususnya yang telah berat. Oleh karena itu, bila Anda alami permasalahan kesehatan seperti ini, masih penting untuk memeriksa diri ke dokter gigi. Disamping itu, harus diingat jika obat kumur bukan alternatif sikat serta pasta gigi sebab kedua-duanya masih berperanan penting bersihkan tersisa makanan serta bakteri pada gigi.

Baca Ketentuan Pemakaian untuk Hasil Optimal

  1. Untuk memperoleh faedah optimal, baca muatan yang tercantum dalam paket serta turuti panduan pemakaian seperti berikut.
  2. Tekankan obat kumur itu sudah tercatat pada Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM).
  3. Umumnya obat kumur dipakai sekali satu hari sebelum tidur atau sesudah menyikat gigi, atau sesuai dengan panduan dokter. Untuk memperoleh dampak paling baik, seharusnya pakai di saat yang serupa.
  4. Biasanya ada gelas takar seukuran kira-kira 10 mm atau sama dengan 2 sendok teh penuh yang bisa dipakai sekali gunakan. Seharusnya jauhi memakai lebih dari ukuran ini terkecuali direferensikan dokter.
  5. Pakai untuk berkumur semasa kira-kira satu menit. Selanjutnya mengeluarkan dari mulut. Terkecuali direferensikan dokter, jauhi sesekali menelan obat ini. Oleh karena itu, tetap dampingi waktu beberapa anak saat mereka memakai obat kumur.
  6. Untuk memperoleh hasil optimal, seharusnya jauhi konsumsi makanan atau berkumur dengan cairan lain minimal semasa 30 menit sesudah memakai obat kumur.
  7. Kumurlah sesudah gosok gigi serta sebelum memakai obat kumur sebab muatan spesifik pada pasta gigi bisa menghalangi kerja chlorhexidine dalam obat kumur.

Biasanya pemakai obat kumur tidak merasai efek bermakna serta umumnya berbentuk sesaat, contohnya sensasi mulut kering serta perkembangan rasa. Pada beberapa orang yang peka atau alergi pada beberapa bahan spesifik pada obat kumur, bisa muncul cedera, kemerahan, serta ngilu pada mulut. Reaksi-reaksi seperti ini umumnya bisa diatasi dengan mencairkan obat kumur dengan air biasa atau bertukar obat kumur, contohnya memakai air garam.

Kontrol diri ke dokter bila sesudah pemakaian, malah ada bintik pada gigi atau pada lidah. Disamping itu kontrol diri terlebih dulu bila Anda ialah ibu hamil atau menyusui yang akan memakai obat kumur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *